Makalah Bisnis Plan - membuat proposal usaha warung coffee

Hai sobat maya.. mungkin di antara kalian sedang mencari beberapa artikel atau sumber untuk bahan tugas mata kuliah anda, disini saya akan membagikan sedikit makalah yang sudah pernah saya buat sebelumnya dan mungkin bagi anda yang mau membuat usaha modal minim dan masih bingung bagaimana dan mau usaha apa ? maybe ini solusinya... dan makalah ini juga pernah saya jadikan plan buat usaha saya sendiri, namu kendala di modal jadi plan ini hanya jadi koleksi plan usaha saya yang nanti ketika saya sudah punya modal, mungkin makalah ini bisa menjadi recomend buat saya untuk memulai usaha dan bisa juga buat anda.
please Like, comment and share
#myblohmyadventure


BUSINESS PLAN
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
KEWIRAUSAHAAN






Disusun oleh :
Ridwanullah                 Rika Ayu W
Doni Handeni                Alfia Andriyani
Manurul                        Siti Rosidah
Usni Shinta                   M. Saefuloh



STIE PERTIWI CILEUNGSI
2017


RENCANA BISNIS
WARUNG COFFEE
                         
A.    RINGKASAN EKSEKUTIF
Warung coffee Adalah konsep warung khusus kopi yang di desain untuk diminum dalam keadaan panas dan dingin yang dibuat dari bahan-bahan kopi asli dari biji kopi terpilih dan beragam. Warung Coffee menawarkan pengalaman (experience) minum kopi dengan atmosfir kedai kopi yang nyaman untuk menikmati minum kopi menjadi sesuatu yang menyenangkan. Konsep ini dibuat  sedikit berbeda dengan kedai kopi yang saat ini ada di Indonesia.
Warung Coffee menawarkan pelanggannya ramuan berbagai macam kopi berkualitas seperti Cappuccino , mocha , dan vanilla. Minuman tersebut disajikan oleh “Barista” terlatih dengan keahliannya. Barista akan menyajikan minuman-minuman tersebut dengan mencampur kopi dengan susu murni, susu coklat dan cita rasa lainnya atau whiped cream dalam berbagai variasi tergantung tipe minuman yang dipesan. Sebagai pelengkap menu kopi, Warung Coffee juga menyajikan berberapa menu pendamping seperti Omelette dan Spaghetti .
Warung Coffee yang pertama akan di buka di Cileungsi , gerainya akan berada di Ruko yang dekat dengan perkantoran dan sekolah. Meskipun kedai kopi sejenis agresif mengisi kota-kota besar di Indonesia, pada dasarnya masih terdapat peluang bagi kedai-kedai kopi kecil untuk masuk pasar ini. Hal ini terbukti dengan eksisnya beberapa kedai kopi lain.
Peluang membuka Warung Coffee di mal dan gedung-gedung perkantoran masih sangat terbuka, karena bagi masyarakat kota, minum kopi bersama sudah menjadi kebutuhan. Semua orang menyukai kopi dan suasana minum kopi yang relax, lepas dan informasi yang dinikmati sambil ngobrol, chatting/browsing internet, rapat kecil atau diskusi. Lebih dari itu kedai kopi sudah menjadi tempat yang strategis untuk membuat kesepakatan dan negosiasi bisnis atau tempat untuk menghabiskan waktu menunggu jam-jam macet di ibukota. Elemen-elemen utama yang ditawarkan dan membedakan antara Warung Coffee dengan kedai kopi pada umumnya adalah:
  • Produk yang berkualitas, dari biji-biji kopi pilihan, bahan-bahan asli dari Indonesia.
  • Layanan konsumen yang prima.
  • Metode pemasaran yang unik.
  • Lokasi gerai yang nyaman.
  • Desain dan atmosfir gerai yang cozy dan hangat.
Tahap awal dari Rencana Bisnis ini adalah membuka gerai seluas 30M², namun target jangka panjang adalah ekspansi agresif ke seluruh tempat dengan pangsa pasar menengah kebawah.
GAMBARAN USAHA
Konsep Bisnis
Warung Coffee adalah konsep kedai kopi yang didasarkan pada minunam kopi yang terpilih dari biji-biji kopi pilihan Indonesia dan beragam. Warung Coffee menawarkan pengalaman minum kopi dengan menciptakan atmosfir untuk menikmati minuman.
Kedai ini akan pertama kali dibuka di Jakarta dan akan dikembangkan di beberapa kota besar lainnya. Rencana jangka pendek Warung Coffee akan mendirikan gerai pertama seluas kurang dari atau sama dengan 30 m2 di kota Jakarta tepatnya di Jakarta Barat. Rencana jangka menengah Warung Coffee akan melakukan strategi ekspansi di Jakarta (dengan menambah dua gerai). Sementara itu, rencana jangka panjang Warung Coffee adalah menjadi salah satu kedai kopi terkemuka dan juga berada di kota-kota besar lainnya dengan melalui franchise.
Manajemen Warung Coffee ingin menekankan bahwa peluang membuka kedai kopi di mal dan gedung-gedung perkantoran masih sangat terbuka, hal ini karena minum kopi di kedai kopi bagi banyak orang sudah menjadi kebutuhan. Semua orang menyukai minuman dan susana di kedai kopi. Minum kopi di kedai kopi khusus telah menjadi gaya hidup di semua kalangan.
Produk yang Ditawarkan
Warung Coffee didirikan untuk menyediakan kopi dengan kualitas tinggi. Penawaran ini akan menjadi jawaban bagi kebutuhan konsumen akan kopi dengan kualitas tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Menu diracik dengan sentuhan profesional untuk memberikan cita rasa unik dan modern yang berbeda dengan yang ditawarakan pesaing. Selain itu, juga ditawarkan beberapa jenis makanan pendamping sebagai pelengkap.
Menu-menu yang ditawarkan oleh Warung Coffee :
Warung Coffee Ice & Hot Beverages
No.
Main menu
Price
1
    Hot Cappuccino
    Rp.13.000
2
    Hot Chocolate
    Rp.13.000
3
    Signature Warung Coffee Hot Mocha
    Rp.15.000

No.
Main Menu
Price
1
    Cappuccino Ice
    Rp 15.000
2
    Ice Vanilla Latte
    Rp.15.000
3
    Mocha Ice Caffè
    Rp.15.000
4
    Chocholate Ice
    Rp.15.000
5
    Warung Special Caffè Latte
    Rp.18.000

No.
Main Menu
Price
1
    Omelette Egg With Mushroom Sauce
    Rp 20.000
2
    Spaghetti Carbonara
    Rp.25.000

Bundel Price
Bundel price adalah harga yang dijadikan lebih murah oleh gabungan 2 harga yang berbeda. Adapun pilihan makanan dan minuman yang menjadi bundel price adalah:

No.
Main Menu
Price
1
Omelette Egg With Mushroom Sauce +      Cappuccino Ice
    Rp 32.000
2
Spaghetti Carbonara +  Warung Special Caffè Latte
    Rp.40.000

Desain gerai
Warung Coffee akan dirancang dengan cozy dan hangat pada interior dan perabotannya. Atmosfir kehangatan sangat diperhatikan untuk menambah daya tarik gerai. Sejalan dengan kebutuhan masyarakat kota yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi akan disediakan pula fasilitas wifi dan internet akses.
Lokasi dan wilayah
Berbeda dengan umumnya kedai kopi, gerai Warung Coffee berlokasi di kawasan pertokoan dan berdekatan dengan sekolah lokasinya juga tidak jauh dari jalan yang dilalui kendaraan.
Profil Usaha
Nama Usaha             : Warung Coffee
Bidang usaha            : Speciality hot and ice Coffee
Badan hukum           : Perorangan
Tahun berdiri             : 2017
Alamat                     : Ruko Permata, Blok A No. 13 , Cileungsi-Bogor.
Telepon                   : 021-5635353
Handphone               : 0896-5000-5145
Email                       : Waroeng kopi@yahoo.co.id


STRUKTUR ORGANISASI :
Keterangan :
Café Owner    : Doni Handeni
Marketing      : Manurul
Cashier          : Usni Shinta
Barista          : Ridwanullah, M. Saefulloh & Rika Ayu W
Waiter           : Alfi Andriyani & Siti Rosidah




PEMASARAN
1.    Jenis Barang / Jasa yang dijual
Dalam usaha warung coffee ini yang kami jual adalah berbagai jenis minuman yang tentunya terbuat dari bahan dasar coffee dan juga beberapa makanan untuk menu pendamping .
2.    Keunggulan produk dibanding yang lain
Keunggulan dari ‘Warung coffee’ yaitu “Harga dan pelayanan , harga produk kami lebih murah dari kedai kopi sejenis dengan produk dan kualitas yang  sama.
3.    Target Pembeli (Kelas Pembeli)
Warung coffee akan dipasarkan kepada semua kalangan , Gerai akan berlokasi di tempat yang mudah dijangkau oleh kalangan pegawai kantor dan pelajar / mahasiswa. Warung Coffee berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga diharapkan sekitar 75% pesanan melalui take away.
4.    Segmentasi berdasarkan demografis
Umur : ≥ 15 – 40 tahun
5.   Segmentasi berdasarkan psikografis
 Gaya hidup :  Sederhana
 Kelas sosial : Kelas bawah sampai kelas menengah
6.   Daerah Penjualan (Kota / Negara)
Daerah penjualan Warung Coffe ini berada di Jakarta tepatnya di Jakarta Barat      Kecamatan Grogol Pertamburan , Kelurahan Jelambar Baru.


7.    Kondisi Pasar
Salah satu ciri perilaku konsumen di Indonesia, khususnya masyarakat perkotaan adalah suka berkumpul dengan teman, kerabat maupun rekan kerjanya. Tempat berkumpul umumnya adalah kafe, fitness center, arisan dan lain sebagainya. Itu sebabnya fasilitas-fasilitas seperti itu banyak didirikan sebagai tanggapan atas perilaku konsumen yang demikian, Perilaku suka berkumpul merupakan ciri atau indikator bahwa masyarakat Indonesia memiliki kehidupan sosial yang kuat.
8.    Potensi Pembeli
Potensi pembeli di sekitar warung coffee sangat potensial untuk bisa membeli produk yang ada di warung coffee ini dikarenakan lokasi yang memang strategis, dan warung coffee ini ditujukan untuk semua kalangan yang menyukai kopi.
9.    Permintaan
Warung Cofee  menyediakan menu minuman yang sesuai dengan selera pesanan pelanggan dengan menawarkan menu minuman kopi yang bervariatif. Warung Coffee berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan pelayanan yang baik.
Lokasi : Warung Coffee ini berada di kawasan pertokoan dan berdekatan dengan sekolah lokasinya juga tidak jauh dari jalan yang dilalui kendaraan.
10.   Penawaran
Kapasitas Pesaing Utama : Kapasitas dari pesaing utama sangat besar dan kompetitif untuk itu kami berusaha untuk melakukan planning yang baik dalam usaha bisnis warung coffee ini.
Rencana Penjualan : Untuk penjualan sendiri karena warung coffee ini berbasis usaha franchise kami memulai dari satu franchise kemudian bila bisnis usaha ini semakin berkembang kami akan membuka beberapa cabang.
Pangsa Pasar : Pangsa pasar kita ditujukan untuk kalangan menengah kebawah yang menyukai minuman berbahan dasar kopi.
11.   Pemasaran
Pemasaran (product, price, promotion, dan place) :
Hal yang perlu diperhatikan dalam marketing mix Warung Coffee adalah dengan memperhatikan strategi 4P, yaitu product, price, promotion, dan place.
1. Strategi product.
Strategi product dapat dilakukan dengan menggunakan jenis kopi yang baik dan berkualitas. Menjual produk dengan berbagai jenis kopi yakni kopi Cappucino, Moccachino, Vanilla Coffe Latte, dan didukung menu makanan pendampingnya.

2. Strategi price.
Strategi harga dilakukan dengan memberikan potongan harga untuk setiap pembelian makanan dan minuman yang telah menjadi harga gabungan antara keduanya.  Kedai Kopi Medan melakukan strategi harga, yaitu:
·         Single Price    
·         Single price adalah harga minuman dan makana per unit.
·         Bundel Price
·         Bundel price adalah harga yang dijadikan lebih murah oleh gabungan 2 harga yang berbeda.

3. Strategi promotion.
Dilakukan dengan penjualan secara langsung pada konsumen, menyebarkan brosur, dan pemasaran melalui media online.
4. Strategi place.
Strategi place dilakukan dengan membuka Warung Coffee yang dekat dengan konsumen dan lokasi yang strategis sehingga produk mudah untuk dicari konsumen.
PESAING
Pesaing adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuka suatu usaha. Persaingan dapat berupa pesaingan harga, promosi, dan kualitas makanan. Warung Coffee ini bersaing untuk beberapa café yang menjual produk sejenis. Pesaing pada Warung Coffee adalah café-cafe yang sangat banyak yang ada dimall ataupun ditempat strategis untuk menjual produk sejenis. Selain itu pesaing juga bisa datang dari restaurant yang menjual produk minuman kopi yang beragam jenisnya.
OPERASIONAL
Sebuah kedai kopi harus memiliki fasilitas-fasilitas yang memenuhi standar persyaratan, yang diperlukan untuk menunjang operasionalnya, antara lain : persyaratan fisik, manajemen operasional, dan pelayanannya. Ketiga faktor tersebut merupakan komponen penting yang sangat menentukan kualitas dan kelas daripada sebuah kedai kopi. Persyaratan fisik merupakan faktor yang memiliki bobot yang cukup besar dalam menentukan kualitas pelayanan sebuah kedai kopi dibandingkan dengan komponen lainnya.
Persyaratan fisik umum Warung Coffee berbentuk, seperti : gerai, pencegahan bahaya kebakaran, pembuangan air limbah, sampah dan lain-lainnya. Sedangkan fisik ruang, perlengkapan dan peralatan dapat berbentuk, seperti : dapur, ruang makan, gudang, toilet, ruang administrasi dan ruang karyawan. Dari kedua komponen fisik Warung Coffee  tersebut, komponen fisik ruang, perlengkapan dan peralatan memiliki peranan lebih vital dibandingkan komponen fisik umum, khususnya : dapur dan toilet. Selain dapur dan toilet. komponen fisik ruang, perlengkapan dan peralatan yang memiliki peranan cukup penting adalah ruang makan, gudang dan ruang karyawan.
RENCANA PRODUKSI
  1. Tanah
Untuk tanah yang akan dijadikan warung coffee ini berukuran 30M².
  1. Bangunan
Bangunan yang dipakai untuk mendirikan warung coffee ini seperti bentuk ruko yang didesain layaknya café tetapi lebih minimalis.
  1. Mesin dan peralatan
Alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kopi :
·         Coffee Machine yaitu alat pembuat bubuk kopi .
·         Coffee Maker yaitu alat yang dipakai untuk mencapur bahan dasar kopi .
·         Blender (khusus untuk membuat Ice coffee) .
·         Cangkir (untuk hot coffee) .
·         Gelas Pelastik (khusus ice coffee) .
·         Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kopi :
·         Biji Kopi (bahan dasar) .
·         Susu , Caramel , Gula , Sirup , Cokelat , Es Batu .
·         Proses Pengolahan :
·         Memilih biji kopi yang berkualitas .
·         Memanggang biji kopi .
·         Menggiling biji kopi dengan Coffee Machine .
·         Memasukan biji kopi yang sudah digiling tersebut kedalam Coffee Maker untuk diproses sesuai dengan pesanan .
Alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan makanan :
Kompor gas .
Alat Masak seperti tempat penggorengan , teflon , panci , microwave .
Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan makanan :
Bahan Dasar seperti Spaghetti , Telur , Jamur , Daging , Kentang .
Bahan Pelengkap seperti bumbu masak , cream , susu , keju , saus .
           
Inventaris Warung Coffee
Inventaris kantor yang ada di Warung Coffee ini terdiri dari :
No
Inventaris Warung Coffee
Jumlah
1
Coffee Machine
1
2
Coffee Maker
1
3
Lemari Pendingin
1
4
Dispenser
1
5
Kompor Gas
1
6
Microwave
1
7
Mesin Kasir
1
8
Komputer
1
9
Meja Kasir
1
10
Kursi
16
11
Meja
8
12
Sofa
6

  • Kendaraan
Kendaraan untuk operasional Warung Coffee yaitu :
Motor untuk Operasional Warung Coffee .
  • Biaya Sewa
Biaya sewa Rp. 2,000,000,- x 12 Bulan = Rp. 24,000,000,- / Tahun
  • Bahan baku
Bahan Baku yang diperlukan : biji kopi untuk bahan dasar membuat kopi , kemudian spaghetti , dan telur sebagai bahan dasar makanan .
  • Biaya umum
Biaya Umum
Per Bulan
Per Tahun
Biaya Listrik
1,500,000
18,000,000
Biaya Air
750,000
9,000,000
Biaya Gas
500,000
6,000,000
Total Biaya Umum
2,750,000
33,000,000

  • Tata letak bangunan
Untuk tata letak bangunan warung coffee ini berada di pinggir jalan raya , dekat dengan pertokoan dan sekolah , disekitar warung coffee juga terdapat banyak jenis usaha makanan.








KEUANGAN
Sumber Pendanaan
Uraian
Persentase (%)
(a)
(b)
1. Modal Sendiri
70%
213,780,000
2. Pinjaman
30%
91,620,000
Jumlah (1+2)
100%
305,400,000

Asumsi Penjualan




Kebutuhan Pembiayaan/Modal Investasi
Uraian
Banyaknya
Harga/Unit
Jumlah
(1)
(2)
(3 = 1 x 2)
Sewa Ruko
12 Bulan
3,000,000
36,000,000
Coffee Machine
1
10,000,000
10,000,000
Coffee Maker
1
10,000,000
10,000,000
Lemari Pendingin
1
5,000,000
5,000,000
Dispenser
1
750,000
750,000
Blender
2
1,000,000
2,000,000
Kompor Gas
2
500,000
1,000,000
Microwave
1
2,000,000
2,000,000
Mesin Kasir
1
7,000,000
7,000,000
Komputer
2
5,000,000
10,000,000
Meja Kasir
1
750,000
750,000
Kursi
16
100,000
1,600,000
Meja
8
150,000
1,200,000
Sofa
6
1,000,000
6,000,000
Jumlah
-
-
93,300,000


Kebutuhan Pembiayaan/Modal Kerja
Uraian (Bahan Per bulan)
Banyaknya
Harga/Unit
Jumlah
(1)
(2)
(3 = 1 x 2)
Bahan Baku (Biji Kopi) / Kgs / Bulan
20
70,000
1,400,000
Persediaan Bahan (Biji Kopi) / Kgs/ Bulan
10
70,000
700,000
Bahan Baku (Spaghetti) / Pax / Bulan
10
30,000
300,000
Persediaan Bahan (Spaghetti) / Pax / Bulan
5
30,000
150,000
Uang Kas
-
-
3,000,000
Jumlah
-
-
5,550,000

Analisa Biaya Tetap
Uraian
Banyaknya
Harga/Unit
Jumlah
(1)
(2)
(3 = 1 x 2)
Gaji / Orang
4
3,000,000
12,000,000
Biaya Pemasaran
1 Tahun
-
1,000,000
Biaya Lainnya
-
-
500,000
Jumlah
-
-
13,500,000


Proyeksi Aliran Kas Usaha

Comments

Popular posts from this blog

Masalah jaringan Mobile Legend