Makalah Bisnis Plan - membuat proposal usaha warung coffee
Hai sobat maya.. mungkin di antara kalian sedang mencari beberapa artikel atau sumber untuk bahan tugas mata kuliah anda, disini saya akan membagikan sedikit makalah yang sudah pernah saya buat sebelumnya dan mungkin bagi anda yang mau membuat usaha modal minim dan masih bingung bagaimana dan mau usaha apa ? maybe ini solusinya... dan makalah ini juga pernah saya jadikan plan buat usaha saya sendiri, namu kendala di modal jadi plan ini hanya jadi koleksi plan usaha saya yang nanti ketika saya sudah punya modal, mungkin makalah ini bisa menjadi recomend buat saya untuk memulai usaha dan bisa juga buat anda.
please Like, comment and share
#myblohmyadventure
#myblohmyadventure
BUSINESS PLAN
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
KEWIRAUSAHAAN
Disusun oleh :
Ridwanullah Rika Ayu W
Doni
Handeni Alfia Andriyani
Manurul Siti Rosidah
Usni
Shinta M. Saefuloh
STIE PERTIWI CILEUNGSI
2017
RENCANA BISNIS
WARUNG COFFEE
A.
RINGKASAN
EKSEKUTIF
Warung coffee Adalah konsep warung khusus kopi
yang di desain untuk diminum dalam keadaan panas dan dingin yang dibuat dari
bahan-bahan kopi asli dari biji kopi terpilih dan beragam. Warung Coffee
menawarkan pengalaman (experience) minum kopi dengan atmosfir kedai kopi yang
nyaman untuk menikmati minum kopi menjadi sesuatu yang menyenangkan. Konsep ini
dibuat sedikit berbeda dengan kedai kopi
yang saat ini ada di Indonesia.
Warung Coffee menawarkan pelanggannya
ramuan berbagai macam kopi berkualitas seperti Cappuccino , mocha , dan vanilla.
Minuman tersebut disajikan oleh “Barista” terlatih dengan keahliannya. Barista
akan menyajikan minuman-minuman tersebut dengan mencampur kopi dengan susu
murni, susu coklat dan cita rasa lainnya atau whiped cream dalam berbagai
variasi tergantung tipe minuman yang dipesan. Sebagai pelengkap menu kopi, Warung
Coffee juga menyajikan berberapa menu pendamping seperti Omelette dan Spaghetti
.
Warung Coffee yang pertama akan di buka
di Cileungsi , gerainya akan berada di Ruko yang dekat dengan perkantoran dan
sekolah. Meskipun kedai kopi sejenis agresif mengisi kota-kota besar di
Indonesia, pada dasarnya masih terdapat peluang bagi kedai-kedai kopi kecil
untuk masuk pasar ini. Hal ini terbukti dengan eksisnya beberapa kedai kopi
lain.
Peluang membuka Warung Coffee di mal
dan gedung-gedung perkantoran masih sangat terbuka, karena bagi masyarakat
kota, minum kopi bersama sudah menjadi kebutuhan. Semua orang menyukai kopi dan
suasana minum kopi yang relax, lepas dan informasi yang dinikmati sambil
ngobrol, chatting/browsing internet, rapat kecil atau diskusi. Lebih dari itu
kedai kopi sudah menjadi tempat yang strategis untuk membuat kesepakatan dan
negosiasi bisnis atau tempat untuk menghabiskan waktu menunggu jam-jam macet di
ibukota. Elemen-elemen utama yang ditawarkan dan membedakan antara Warung
Coffee dengan kedai kopi pada umumnya adalah:
- Produk yang berkualitas, dari biji-biji kopi pilihan, bahan-bahan asli dari Indonesia.
- Layanan konsumen yang prima.
- Metode pemasaran yang unik.
- Lokasi gerai yang nyaman.
- Desain dan atmosfir gerai yang cozy dan hangat.
Tahap awal dari Rencana Bisnis ini
adalah membuka gerai seluas 30M², namun target jangka panjang adalah ekspansi
agresif ke seluruh tempat dengan pangsa pasar menengah kebawah.
GAMBARAN USAHA
Konsep Bisnis
Warung Coffee adalah konsep kedai kopi yang
didasarkan pada minunam kopi yang terpilih dari biji-biji kopi pilihan
Indonesia dan beragam. Warung Coffee menawarkan pengalaman minum kopi dengan
menciptakan atmosfir untuk menikmati minuman.
Kedai ini akan pertama kali dibuka di
Jakarta dan akan dikembangkan di beberapa kota besar lainnya. Rencana jangka
pendek Warung Coffee akan mendirikan gerai pertama seluas kurang dari atau sama
dengan 30 m2 di kota Jakarta tepatnya di Jakarta Barat. Rencana jangka menengah
Warung Coffee akan melakukan strategi ekspansi di Jakarta (dengan menambah dua gerai).
Sementara itu, rencana jangka panjang Warung Coffee adalah menjadi salah satu kedai
kopi terkemuka dan juga berada di kota-kota besar lainnya dengan melalui
franchise.
Manajemen Warung Coffee ingin
menekankan bahwa peluang membuka kedai kopi di mal dan gedung-gedung
perkantoran masih sangat terbuka, hal ini karena minum kopi di kedai kopi bagi
banyak orang sudah menjadi kebutuhan. Semua orang menyukai minuman dan susana
di kedai kopi. Minum kopi di kedai kopi khusus telah menjadi gaya hidup di
semua kalangan.
Produk yang
Ditawarkan
Warung Coffee didirikan untuk
menyediakan kopi dengan kualitas tinggi. Penawaran ini akan menjadi jawaban
bagi kebutuhan konsumen akan kopi dengan kualitas tinggi namun dengan harga
yang terjangkau. Menu diracik dengan sentuhan profesional untuk memberikan cita
rasa unik dan modern yang berbeda dengan yang ditawarakan pesaing. Selain itu,
juga ditawarkan beberapa jenis makanan pendamping sebagai pelengkap.
Menu-menu yang ditawarkan oleh Warung Coffee :
Warung Coffee Ice & Hot Beverages
No.
|
Main menu
|
Price
|
1
|
Hot Cappuccino
|
Rp.13.000
|
2
|
Hot Chocolate
|
Rp.13.000
|
3
|
Signature Warung
Coffee Hot Mocha
|
Rp.15.000
|
No.
|
Main Menu
|
Price
|
1
|
Cappuccino Ice
|
Rp 15.000
|
2
|
Ice Vanilla Latte
|
Rp.15.000
|
3
|
Mocha Ice Caffè
|
Rp.15.000
|
4
|
Chocholate Ice
|
Rp.15.000
|
5
|
Warung Special Caffè Latte
|
Rp.18.000
|
No.
|
Main Menu
|
Price
|
1
|
Omelette Egg With Mushroom Sauce
|
Rp 20.000
|
2
|
Spaghetti Carbonara
|
Rp.25.000
|
Bundel Price
Bundel price adalah harga yang dijadikan lebih
murah oleh gabungan 2 harga yang berbeda. Adapun pilihan makanan dan minuman
yang menjadi bundel price adalah:
No.
|
Main Menu
|
Price
|
1
|
Omelette Egg With Mushroom Sauce + Cappuccino Ice
|
Rp 32.000
|
2
|
Spaghetti Carbonara + Warung Special Caffè Latte
|
Rp.40.000
|
Desain gerai
Warung Coffee akan dirancang dengan
cozy dan hangat pada interior dan perabotannya. Atmosfir kehangatan sangat
diperhatikan untuk menambah daya tarik gerai. Sejalan dengan kebutuhan
masyarakat kota yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi akan disediakan
pula fasilitas wifi dan internet akses.
Lokasi dan
wilayah
Berbeda dengan umumnya kedai kopi,
gerai Warung Coffee berlokasi di kawasan pertokoan dan berdekatan dengan
sekolah lokasinya juga tidak jauh dari jalan yang dilalui kendaraan.
Profil Usaha
Nama Usaha : Warung Coffee
Bidang usaha : Speciality hot and ice Coffee
Badan hukum : Perorangan
Tahun berdiri :
2017
Alamat : Ruko Permata, Blok A No. 13 ,
Cileungsi-Bogor.
Telepon :
021-5635353
Handphone :
0896-5000-5145
Email : Waroeng kopi@yahoo.co.id
STRUKTUR
ORGANISASI :
Keterangan :
Café Owner : Doni
Handeni
Marketing : Manurul
Cashier : Usni
Shinta
Barista : Ridwanullah,
M. Saefulloh & Rika Ayu W
Waiter : Alfi
Andriyani & Siti Rosidah
PEMASARAN
1. Jenis Barang /
Jasa yang dijual
Dalam usaha warung coffee ini yang kami
jual adalah berbagai jenis minuman yang tentunya terbuat dari bahan dasar
coffee dan juga beberapa makanan untuk menu pendamping .
2. Keunggulan
produk dibanding yang lain
Keunggulan dari ‘Warung coffee’ yaitu
“Harga dan pelayanan , harga produk kami lebih murah dari kedai kopi sejenis
dengan produk dan kualitas yang sama.
3. Target Pembeli
(Kelas Pembeli)
Warung coffee akan dipasarkan kepada
semua kalangan , Gerai akan berlokasi di tempat yang mudah dijangkau oleh
kalangan pegawai kantor dan pelajar / mahasiswa. Warung Coffee berharap tingkat
pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga diharapkan sekitar 75%
pesanan melalui take away.
4.
Segmentasi berdasarkan demografis
Umur : ≥ 15 – 40 tahun
5. Segmentasi
berdasarkan psikografis
Gaya hidup : Sederhana
Kelas
sosial : Kelas bawah sampai kelas menengah
6. Daerah
Penjualan (Kota / Negara)
Daerah penjualan Warung Coffe ini
berada di Jakarta tepatnya di Jakarta Barat
Kecamatan Grogol Pertamburan , Kelurahan Jelambar Baru.
7. Kondisi Pasar
Salah satu ciri perilaku konsumen di
Indonesia, khususnya masyarakat perkotaan adalah suka berkumpul dengan teman,
kerabat maupun rekan kerjanya. Tempat berkumpul umumnya adalah kafe, fitness
center, arisan dan lain sebagainya. Itu sebabnya fasilitas-fasilitas seperti
itu banyak didirikan sebagai tanggapan atas perilaku konsumen yang demikian,
Perilaku suka berkumpul merupakan ciri atau indikator bahwa masyarakat
Indonesia memiliki kehidupan sosial yang kuat.
8. Potensi
Pembeli
Potensi pembeli di sekitar warung
coffee sangat potensial untuk bisa membeli produk yang ada di warung coffee ini
dikarenakan lokasi yang memang strategis, dan warung coffee ini ditujukan untuk
semua kalangan yang menyukai kopi.
9. Permintaan
Warung Cofee
menyediakan menu minuman yang sesuai dengan selera
pesanan pelanggan dengan menawarkan menu minuman kopi yang
bervariatif. Warung Coffee berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
dengan pelayanan yang baik.
Lokasi : Warung Coffee ini berada di
kawasan pertokoan dan berdekatan dengan sekolah lokasinya juga tidak jauh dari
jalan yang dilalui kendaraan.
10. Penawaran
Kapasitas Pesaing Utama
: Kapasitas dari pesaing utama sangat besar dan kompetitif untuk itu kami
berusaha untuk melakukan planning yang baik dalam usaha bisnis warung coffee
ini.
Rencana Penjualan : Untuk
penjualan sendiri karena warung coffee ini berbasis usaha franchise kami
memulai dari satu franchise kemudian bila bisnis usaha ini semakin berkembang
kami akan membuka beberapa cabang.
Pangsa Pasar : Pangsa pasar kita
ditujukan untuk kalangan menengah kebawah yang menyukai minuman berbahan dasar
kopi.
11. Pemasaran
Pemasaran (product, price, promotion, dan place)
:
Hal yang perlu diperhatikan dalam marketing
mix Warung Coffee adalah dengan memperhatikan strategi 4P, yaitu product,
price, promotion, dan place.
1. Strategi product.
Strategi product dapat
dilakukan dengan menggunakan jenis kopi yang baik dan berkualitas. Menjual
produk dengan berbagai jenis kopi yakni kopi Cappucino, Moccachino, Vanilla
Coffe Latte, dan didukung menu makanan pendampingnya.
2. Strategi price.
Strategi harga dilakukan dengan
memberikan potongan harga untuk setiap pembelian makanan dan minuman yang telah
menjadi harga gabungan antara keduanya. Kedai Kopi Medan melakukan
strategi harga, yaitu:
·
Single
Price
·
Single
price adalah harga minuman dan makana per unit.
·
Bundel Price
·
Bundel price adalah
harga yang dijadikan lebih murah oleh gabungan 2 harga yang berbeda.
3. Strategi promotion.
Dilakukan dengan penjualan
secara langsung pada konsumen, menyebarkan brosur, dan pemasaran melalui
media online.
4. Strategi place.
Strategi place dilakukan
dengan membuka Warung Coffee yang dekat dengan konsumen dan lokasi yang strategis
sehingga produk mudah untuk dicari konsumen.
PESAING
Pesaing adalah salah satu hal yang
perlu diperhatikan dalam membuka suatu usaha. Persaingan dapat berupa pesaingan
harga, promosi, dan kualitas makanan. Warung Coffee ini bersaing
untuk beberapa café yang menjual produk sejenis. Pesaing pada Warung
Coffee adalah café-cafe yang sangat banyak yang ada dimall ataupun ditempat
strategis untuk menjual produk sejenis. Selain itu pesaing juga bisa datang
dari restaurant yang menjual produk minuman kopi yang beragam jenisnya.
OPERASIONAL
Sebuah kedai kopi harus memiliki
fasilitas-fasilitas yang memenuhi standar persyaratan, yang diperlukan untuk
menunjang operasionalnya, antara lain : persyaratan fisik, manajemen
operasional, dan pelayanannya. Ketiga faktor tersebut merupakan komponen
penting yang sangat menentukan kualitas dan kelas daripada sebuah kedai kopi.
Persyaratan fisik merupakan faktor yang memiliki bobot yang cukup besar dalam
menentukan kualitas pelayanan sebuah kedai kopi dibandingkan dengan komponen
lainnya.
Persyaratan fisik umum Warung Coffee berbentuk,
seperti : gerai, pencegahan bahaya kebakaran, pembuangan air limbah, sampah dan
lain-lainnya. Sedangkan fisik ruang, perlengkapan dan peralatan dapat
berbentuk, seperti : dapur, ruang makan, gudang, toilet, ruang administrasi dan
ruang karyawan. Dari kedua komponen fisik Warung Coffee tersebut, komponen fisik ruang, perlengkapan
dan peralatan memiliki peranan lebih vital dibandingkan komponen fisik umum,
khususnya : dapur dan toilet. Selain dapur dan toilet. komponen fisik ruang,
perlengkapan dan peralatan yang memiliki peranan cukup penting adalah ruang
makan, gudang dan ruang karyawan.
RENCANA PRODUKSI
- Tanah
Untuk tanah yang akan dijadikan warung
coffee ini berukuran 30M².
- Bangunan
Bangunan yang dipakai untuk mendirikan
warung coffee ini seperti bentuk ruko yang didesain layaknya café tetapi lebih
minimalis.
- Mesin dan peralatan
Alat-alat yang dibutuhkan dalam proses
pembuatan kopi :
·
Coffee
Machine yaitu alat pembuat bubuk kopi .
·
Coffee
Maker yaitu alat yang dipakai untuk mencapur bahan dasar kopi .
·
Blender
(khusus untuk membuat Ice coffee) .
·
Cangkir
(untuk hot coffee) .
·
Gelas
Pelastik (khusus ice coffee) .
·
Bahan-bahan
yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kopi :
·
Biji
Kopi (bahan dasar) .
·
Susu
, Caramel , Gula , Sirup , Cokelat , Es Batu .
·
Proses
Pengolahan :
·
Memilih
biji kopi yang berkualitas .
·
Memanggang
biji kopi .
·
Menggiling
biji kopi dengan Coffee Machine .
·
Memasukan
biji kopi yang sudah digiling tersebut kedalam Coffee Maker untuk diproses
sesuai dengan pesanan .
Alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan makanan :
Kompor gas .
Alat Masak seperti tempat penggorengan , teflon , panci ,
microwave .
Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan makanan
:
Bahan Dasar seperti Spaghetti , Telur , Jamur , Daging ,
Kentang .
Bahan Pelengkap seperti bumbu masak , cream , susu , keju
, saus .
Inventaris Warung
Coffee
Inventaris kantor yang ada di Warung Coffee ini terdiri
dari :
No
|
Inventaris Warung Coffee
|
Jumlah
|
1
|
Coffee Machine
|
1
|
2
|
Coffee Maker
|
1
|
3
|
Lemari Pendingin
|
1
|
4
|
Dispenser
|
1
|
5
|
Kompor Gas
|
1
|
6
|
Microwave
|
1
|
7
|
Mesin Kasir
|
1
|
8
|
Komputer
|
1
|
9
|
Meja Kasir
|
1
|
10
|
Kursi
|
16
|
11
|
Meja
|
8
|
12
|
Sofa
|
6
|
- Kendaraan
Kendaraan untuk operasional Warung
Coffee yaitu :
Motor untuk Operasional Warung Coffee .
- Biaya Sewa
Biaya sewa Rp. 2,000,000,- x 12 Bulan =
Rp. 24,000,000,- / Tahun
- Bahan baku
Bahan Baku yang diperlukan : biji kopi
untuk bahan dasar membuat kopi , kemudian spaghetti , dan telur sebagai bahan
dasar makanan .
- Biaya umum
Biaya Umum
|
Per Bulan
|
Per Tahun
|
Biaya Listrik
|
1,500,000
|
18,000,000
|
Biaya Air
|
750,000
|
9,000,000
|
Biaya Gas
|
500,000
|
6,000,000
|
Total Biaya Umum
|
2,750,000
|
33,000,000
|
- Tata letak bangunan
Untuk tata letak bangunan warung coffee
ini berada di pinggir jalan raya , dekat dengan pertokoan dan sekolah ,
disekitar warung coffee juga terdapat banyak jenis usaha makanan.
KEUANGAN
Sumber Pendanaan
Uraian
|
Persentase (%)
|
|
(a)
|
(b)
|
|
1. Modal Sendiri
|
70%
|
213,780,000
|
2. Pinjaman
|
30%
|
91,620,000
|
Jumlah (1+2)
|
100%
|
305,400,000
|
Asumsi Penjualan
Kebutuhan Pembiayaan/Modal Investasi
Uraian
|
Banyaknya
|
Harga/Unit
|
Jumlah
|
(1)
|
(2)
|
(3 = 1 x 2)
|
|
Sewa Ruko
|
12 Bulan
|
3,000,000
|
36,000,000
|
Coffee Machine
|
1
|
10,000,000
|
10,000,000
|
Coffee Maker
|
1
|
10,000,000
|
10,000,000
|
Lemari Pendingin
|
1
|
5,000,000
|
5,000,000
|
Dispenser
|
1
|
750,000
|
750,000
|
Blender
|
2
|
1,000,000
|
2,000,000
|
Kompor Gas
|
2
|
500,000
|
1,000,000
|
Microwave
|
1
|
2,000,000
|
2,000,000
|
Mesin Kasir
|
1
|
7,000,000
|
7,000,000
|
Komputer
|
2
|
5,000,000
|
10,000,000
|
Meja Kasir
|
1
|
750,000
|
750,000
|
Kursi
|
16
|
100,000
|
1,600,000
|
Meja
|
8
|
150,000
|
1,200,000
|
Sofa
|
6
|
1,000,000
|
6,000,000
|
Jumlah
|
-
|
-
|
93,300,000
|
Kebutuhan Pembiayaan/Modal Kerja
Uraian (Bahan Per bulan)
|
Banyaknya
|
Harga/Unit
|
Jumlah
|
(1)
|
(2)
|
(3 = 1 x 2)
|
|
Bahan Baku (Biji Kopi) / Kgs / Bulan
|
20
|
70,000
|
1,400,000
|
Persediaan Bahan (Biji Kopi) / Kgs/ Bulan
|
10
|
70,000
|
700,000
|
Bahan Baku (Spaghetti) / Pax / Bulan
|
10
|
30,000
|
300,000
|
Persediaan Bahan (Spaghetti) / Pax / Bulan
|
5
|
30,000
|
150,000
|
Uang Kas
|
-
|
-
|
3,000,000
|
Jumlah
|
-
|
-
|
5,550,000
|
Analisa Biaya Tetap
Uraian
|
Banyaknya
|
Harga/Unit
|
Jumlah
|
(1)
|
(2)
|
(3 = 1 x 2)
|
|
Gaji / Orang
|
4
|
3,000,000
|
12,000,000
|
Biaya Pemasaran
|
1 Tahun
|
-
|
1,000,000
|
Biaya Lainnya
|
-
|
-
|
500,000
|
Jumlah
|
-
|
-
|
13,500,000
|
Proyeksi Aliran
Kas Usaha
Comments
Post a Comment